Ngopi Cantik 2 : Belajar SEO bareng Shintaries Nijerinda

11:16 AM


Belajar SEO Bareng Shintaries Nijerinda

Halloo my beauty reader.
ini blog kayaknya udah banyak sarang laba-labanya gitu yaa hahaha
Maafkan pekerjaan lagi sibuk-sibuknya, huhuhu...
Padahal udah banyak banget produk yang nunggu di review, banyak banget produk yang nunggu di foto-foto. Tapi aku tinggalin terus, ga sempet buat review dan foto-foto cantik.

Ketemu tanggal merah dihari kerja itu rasanya kaya punya nafas. Niat buat ngerjain ini dan itu, akhirnya cuma bisa bikin report Ngopi Cantik 2.

Bingung mau mulai dari mana karena udah lama banget ga nulis, sama kaya bingung gimana memulai sebuah hubungan baru sama kamu  eaaakkkk udah lama ga ngeBlog bapernya masih kebawa.

Daripada kebanyakan baper mending gw ceritain tentang Ngopi Cantik 2 bareng mbak Shintaries Nijerinda ngebahas "SEO Blog".

Ngopi Cantik 2 itu apa?

Jadi Ngopi Cantik 2 ini adalah semacam seminar gitu, tapi ini dilakukan secara online.

Online? Jadi ga tatap muka gitu?

Yes... That's Right.
Jadi seminar ini yang ngadain Beautiesquad. Seminar ini dilakukan secara Online by grup WA. Dan kita ga bertatapan langsung dengan narasumbernya.
Ini kali kedua gw ikut Seminar online, sebelumnya beautiesquad juga ngadain seminar online belajar foto flatlay dan kali ini belajar tentang SEO.

Jadi walaupun bersifat seminar online, susunan acaranya tetap rapi. Acara berjalan dengan rapi, sesuai dengan arahan para PJ. Pokoknya sama kaya seminar offline. Ada sesi tanya jawab juga lhoh, dan ajaibnya ga ada tuh rusuh-rusuh rebutan gitu. hahaha

Jadi untuk grup whatsapp dibuat oleh PJ biasanya 2 hari sebelumnya, jadi kita bisa saling kenalan sama temen - temen baru yang ikut seminar.
Termasuk kenalan sama Mbak Shintaries Nijerinda yang jadi narasumber lhoh.
Jadi kita bisa sedekat itu sama narasumber, nggak kayak seminar offline.

Shintaries Nijerinda itu siapa?

Beliau adalah founder dari Blogger Perempuan.

SEO? Apaan Tuh?

SEO (Search Engine Optimization) yang berarti optimasi mesin pencaari. Jadi SEO itu untuk mengoptimasi tulisan di Blog kita, untuk mempermudah atau untuk dapat ditemukan di mesin pencari.
Jadi ada perbedaan dengan konten di web - web lainnya. Di Blog, konten diterbitkan dahulu baru selanjutnya di optimasi.
Dan keistiqomahan dengan tema blog juga punya keuntungan tersendiri lhoh, jadi ketika blog kita punya satu tema khusus misalkan "beauty". Blog kita akan lebih mudah terindex, jadi belajarlah istiqomah. Jangan kayak hati dia yang mudah goyah.👅
Dan gw kasih bocoran nih, Konten beauty itu selalu dicari diplatform apapun lhohh... maka dari itu istiqomahlah dalam menentukan tema, jangan dicampur - campur, ini blog bukan gado - gado. 
Anggep aja blog kita kayak hati, hati aja ga mau kan diduakan? Apalagi blog. *lhohhh bapeerrr lagiii

Ada beberapa Teori SEO yang diberikan mbak Shientaries.

  • Otoritas Blog
Otoritas blog adalah kepemilikan blog. Jadi Google ini akan lebih memprioritaskan blog - blog yang sudah terdaftar dan jelas identitas kepemilikannya, bukan blog anonim. Salah satunya bisa isi data di https://aboutme.google.com , di link itu ada data lengkap blog dan juga profil media sosial. Untuk menunjukkan kepemilikan blog, kalian bisa isi data di situ. Sebisa mungkin nama domain yang kamu punya di daftarkan dengan email yang sama. 
Untuk otoritas blog sendiri bisa juga diartikan dengan DA atau Domain Autority. Jadi semakin besar nilainya, berarti semakin sering pula selalu ter - index di Google.
  • Konten
Bagian ini paling penting juga sih, Isi konten di blog harus berkualitas BIG NO untuk copas tulisan orang, kalo kata mbak Shintaries "harus organik dan natural" :D. Pokoknya intinya sih menulis itu adalah tetang siapa kamu, jadi yaa senyamannya kamu.
Kalo kamu bikin semua dengan kunci "kenyamanan" pasti ide - ide cemerlang akan tertuang dengan sendirinya. hahaha...

Dan lagi - lagi tentang update, yess emang blog yang update lebih di senangi google. Bagian ini emang susah - susah gampang sih, kalo malesnya muncul dan diikutin akhirnya jadi susah deh ahahahah.

Oh iya... selain konten. Foto dan video yang kamu upload perlu di optimasi juga lhoh, karena ketika ada yang search dengan kata kunci tertentu, konten foto dan video juga bakalan keluar guys. So... pastikan kamu mengoptimasi foto dan video juga yaa.


  • Template Fast Loading
Template yang fast loading ini berperan penting lhoh guys dalam seo, makanya banyak yang jual template dengan harga mahal. Template yang dikenal dengan SEO Friendly ini punya peran besar lhoh. Ukuran secepat apa, hanya bisa di deteksi jika template tidak terlalu banyak script, ornamen, music, dan image ukuran besar.
Masih belum punya template yang Seo Friendly?
Jangan berkecil hati, semua itu masih bisa di akalin kok. 
  1. Buat template se minimalis mungkin
  2. Hindari penggunaan script slider jika ukurannya tidak kecil
  3. Resize ukuran gambar sebelum di upload. (max. 300kb)
  • Mobile Site
Pembaca pasti pengen donk buka blog yang responsive, nah ini udah jamannya mobile dimana semua hal dibuka dengan hp, dari mulai blog, web, dan aplikasi. Jadi semua udah mobile, nahh kalo web atau blog kalian ga bisa dibuka di hp ohhmayyyyy....  
Pasti banyak yang males juga kan buka nya. Buka aja males apa lagi baca.
  • Backlink
Backlink adalah yang paling banyak di cari - cari. Jadi posisi blog kita di search engine ini ditentukan oleh banyaknya backlink juga lhoh. Nah coba cek deh blog yang posisinya bagus di search engine DA nya akan tinggi.


Selanjutnya Teknis SEO, Bagian ini murni gw ambil dari mbak Shintaries kemarin. 

  • Menaruh Kata Kunci Di Google
Jadi misalkan kata kunci yang ingin dimasukkan adalah “nama brand maskara”. Maka buat judul yang menarik namun tetap ada “nama brand maskara”. Contohnya: Seharian Memakai “nama brand maskara” Ternyata Tetap Oke Banget.

  • Ubah Permalink

Secara default, kalau memakai judul di atas, maka link yang muncul adalah www.namadomain.com/seharian-memakai-nama-brand-maskara-ternyata-tetap-oke-banget. 

Tapi, kalau SEO ini harus diubah dulu menjadi www.namadomain.com/nama-brand-maskara yaaa. Setting permalink ada di bagian kanan/bawah saat membuat konten tergantung blog masing-masing

  • Jumlah Kata

Google sangat menyukai konten dengan jumlah kata yang banyak. Sesuai riset, jumlah kata yang sering terindeks adalah 800-1000. Saya sering menyarankan minimal 1000, tapi untuk biuti, 800 kata sudah cukup.

  • Image

Sebelum upload image, resize dan rename dulu dengan KEYWORD. Misalnya nama-brand-maskara.jpg. Jika lebih dari 1, bisa menambahkan angka di belakangnya. nama-brand-maskara1.jpg, dst.
  • Internal dan External link
Selalu tambahkan link ke tulisan lain dalam blog kita dan juga link ke blog/web lain sebagai referensi yaa. Related post dan Read more di halaman awal juga diperlukan karena itu dianggap sebagai internal link. Tapi jangan gunakan blogroll yang ada di sidebar yaa. Karena eksternalnya dianggap tidak baik, terlalu kebanyakan link keluar oleh Google.

  • Meta Deskripsi

Yang paling penting sebetulnya adalah meta deskripsi, yang harus diaktifkan. Baik itu di wordpress dengan plugin atau di blogspot (setting -> seerch description). Karena merupakan ringkasan dari konten kita, yang akan muncul pada hasil pencarian. Hal ini akan berpengaruh pada ketertarikan orang untuk mengklik tulisan kita.

  • Backlink atau Offsite

Yang banyak digadang-gadang dan dicari orang/brand/ecommerce dll-nya itu adalah BACKLINK alias OFFSITE-nya. Karena kalau onsite, optimasinya hanya sebatas konten, internal link, eksternal link, template, dan image. Sisanya yang menentukan adalah berapa banyak backlink yang didapat. Oleh karenanya, ada banyak web/blog yang berlomba lomba mencari backlink, baik dengan cara beli/bayar, ada juga dengan cara paling gampang, yaitu blogwalking
  • Blogwalking
Kalau dirasa blogwalking rumit dan memakan waktu lama, cara termudah seo adalah dengan update blog setiap hari, betul setiap hari hehehe. karena Google suka dengan fresh konten.

Pada saat sesi tanya jawab ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa mewakili pertanyaan - pertanyaan kalian. 
So... Pertanyaan dan jawabannya ga akan gw ubah - ubah. Ini murni apa adanya. hahahaha

Q :
"Aku masih bingung terkait dummy blog, maksudnya gimana ya kak? Yg blog utama kita ga dipake buat bw? Ini kenapa yah kalo boleh tau hehe dan apakah yang di dummy itu harus sama banget (misal utama aku jennitanuwijaya.com , haruskah dummynya jennitanuwijaya.co.id) atau boleh yanglain asalkan dengan email yang sama bikinnya?"
(Jennifer Tan)

 A :

"Jadi sebetulnya, kalau blogwalking, apalagi dengan format name/url, blog kita akan saling barkaitan dengan blog yang lain. Di saat blog yang lain terkena spam komen, maka blog kita akan otomatis kena score juga. Namun apabila yang "terkena" lebih dulu adalah blog dummy kita (yang kalau di seo diistilahkan layer/tier) maka ngga secara langsung terkena. Blog kita akan lebih aman. Kan suka ada kasus, ketika DA satu blog turun, yang lain menjadi turun juga. Nah itu agak ngaruh di posisi Google sebetulnya, termasuk spam score juga. Amannya, kita punya dummy blog untuk berkunjung rutin ke blog lain. Untuk dummy blog, namanya bebas, ngga harus top level, bisa gratisan dan bisa tema apa saja :D"
(Shintaries)

Q :
"Hi kak Shinta. Saya mau tanya. Beberapa waktu lalu saya mengalami kejadian blog saya di clonning orang, di clonning oleh 2 blog. Mereka ambil xml-nya kak.  Terus saya cek di google ternyata blog clonning tersebut posisinya di google ada diatas posisi postingan saya. Sebelumnya blog saya sering di clonning karena itu saya banyak internal link untuk 'setidaknya' mendapat backlink saat di clonning, tapi kebanyakan dari blog itu justru merubah semua internal link mengarah ke safelink mrk atau mrk hapus manual(mungkin) jadi saya gak dapet apa2 kak. Hhu. 
Pertanyaannya apa semakin banyak blog kita di clonning kaya gitu berpengaruh sama SEO blog? Atau mungkin dianggap spam oleh google? 
Kalau berpengaruh mengatasi agar gak di clonning gitu gimana yah kak? Apa berpengaruh ke turunnya DA/PA/alexa kak? "
(Cyanophyta)
A :
"Kalau kontennya dibuat di produk google, kamu bisa ajukan take down cya di https://support.google.com/legal/troubleshooter/1114905?hl=en 
sayangnya memang di indonesia, konten blog masih lemah dasar hukumnya :( masalahnya, yang copy, seo-nya lebih jago, makanya bisa posisinya lebih di atas dan dia mungkin sudah ubah beberapa kata-katanya jadi ngga 100% sama lagi. saya banyak nemu beberapa kasus kaya gini, tapi beberapa tetap move on dan tetap nulis dan tetap stick dengan profil mereka masing-masing. Kalau memang sampai melanggar hukum banget, baru deh katanya dituntut. Kalau dari segi SEO, kalau nanti trafficnya turun, baru boleh curigai asalnya mungkin dianggap spam oleh blog yang kloningan itu. Yang about.google.com nya diisi aja cyaa "
(Shintaries)

Q :

"Saya mau tanya terkait backlink. Saya lumayan sering dgr dr teman2 ttg berhati-hati dalam menaruh backlink do follow. Apakah sebegitu bahayanya backlink do follow sehingga kok ya teman2 saya itu sampai ada yg beberapa harga mati ga mau naruh do follow link di blognya. Apalagi kan jd beauty blogger sepertinya sll sarat dg backlink terutama ke brand. Apa sebenernya dampak negatif yg bs berimbas ke blog kita dan mungkin mba Shinta ada tips? Makasi byk mba sebelumnya."
(Fia)

A :
"Iya betul, link dofollow sudah diperingatkan oleh Google untuk tidak menaruhnya sembarangan. Apalagi untuk brand. Jadi, kategori sponsored/berbayar sudah tidak diperbolehkan ada link dofollow yang mengarah ke situs brand. Beberapa brand mengakalinya dengan tulisan blogger yang sofselling, jadi kita menulis reviewnya tidak terlihat seperti "dibayar". masalah bahaya atau tidak, buat blog kita, terlalu banyak dofollow akan terlihat seperti spam. makanya tadi, kalau ada blogroll di widget, dia akan bersifat dofollow dan linknya terlalu banyak. Itu menjadikan blog kita terlalu banyak link dofollow keluar dan menjadikan spam score terlihat besar. solusinya gimana, buat semua link di blog menjadi nofollow, kalaupun ada yang dofollow, boleh sebetulnya tapi tidak terlalu banyak jumlahnya. kalau mau tahu ada berapa banyak link dofollow nofollow di blog, kalau wordpress bisa pakai plugin nofollow, atau pakai add on browser nofollow yaa"
 (Shintaries)

Q:

"Hai ka shinta~, aku mau tanya nih.. Mengenai nama blog apakah berpengaruh dengan SEO? Misal yang belakangnya .com dengan yang belakangnya .blogspot.co.id.. Apakah ada pengaruhnya sama SEO?Terima kasih"

(Ellen Lim)

A :

"diutamakan yang Top level domain yaaa. Jadi kalo second level, ada yang blogspot.com sama wordpress.com juga soalnya. pengaruh banget, karena dilihat dari authorithynya tadi itu. dan top level domain (termasuk .com .net .co.id .org dll) itu autorithy-nya tinggi dibandingkan dengan blogspot.com/ blogspot.co.id itu yaa."
(Shintaries)

Q :
"aku mau tanya kalau seo untuk website portal dan blog ada bedanya nggak yah? misalkan mbah google udah bisa membaca kalau satu website adalah news portal jadi harus menggunakan teknik seo yang beda?
sama kalau untuk socmed itu ada teknik seo seperti blog nggak sih mba?"
(Dilla)

A :
"kalau untuk portal jauh berbeda. karena pertama kali tentunya harus riset keyword dan menentukan target. apakah mau konversi, traffic atau ada hal lain. tentunya lebih rumit step by stepnya. kalau sekarang, portal lebih memakai strategi network. Jadi kaya tribun network, kapanlagi network, dan lain lain. Jadi mereka ngga bisa mengandalkan satu portal saja untuk seo-nya. jadi tekniknya kan jauh lebih rumit dari blog. bahkan sekarang teknik yang digunakan adalah viral konten network, karena seo sudah sangat sesak pasarnya dan mulai susah banget. kalau media sosial, lebih mengandalkan viral, bukan seo. Walaupun sesekali konten media sosial masuk juga di google search."
(Shintaries)

Q :
"Hi mbak, aku mau nanya, keyword density per postingan itu berapa persen kira2? dan teknik jadul seperti ngebold dan italic keyword yg di target itu masih berguna buat on site? kalau boleh kasih tips tambahan juga buat optimasi postingan blog  yang baik dan benar"
(Fuji Astyani)

A:
"sejujurnyaaa keyword density sudah tidak digunakan lagi loh. karena sekarang google menggunakan keyword suggestion dalam kotak pencarinya. jadi sudah tidak ada aturan baku penggunaan berapa banyak dan berapa persen aturan keyword yang ada, gunakan secara natural saja yaa. yang masih berguna itu bold dan heading H2 yaa untuk keyword, tapi untuk satu kali penggunaan aja, itu pun di sub judul ajaa."
(Shintaries)

Yakkk sudah semua materi yang disampaikan mbak Shintaries, dan selalu donk ada kesimpulan disetiap tulisan.

Kesimpulan :

  1. Dalam dunia SEO Backlink itu penting banget, dan blogwalking itu juga sangat amat penting menurut gw.
  2. Keistiqomahan dalam pemilihan tema itu juga penting banget.
  3. Dan Originalitas tulisan dan rajin update itu sangat amat berpengaruh *rajin update itu tuh yang musti mulai gw terapkan :D
  4. Belajar itu bisa dimana aja, online dan offline.

Oke deh my beauty reader, selesai sudah report gw tentang Ngopi Cantik 2 Beautiesquad bareng sama mbak Shintaries Nijerinda.

Buat kalian yang pengen kepoin mbak Shintaries boleh lhoh.
Twitter : @shintaries


Thank you guys udah baca :* :* :*

You Might Also Like

2 comments

  1. wihiiiii makasih banyak ya udah sharing ilmu2 seo di wa

    duuuuuh, padahal aku pengen banget ikuuuut. ada mbak shintariesnya pula. kok aku nggak tau ya info ngopcan ini...

    makasih ya udah bersedia nulis. udah kubaca. dan perlahan akan kuterapin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii rhosandhayani...
      iyaaa ngopcan ini udah di umumin di ig Beautiesquad kok...

      Makasih juga yaa udah mampir ke blog aku dan baca :D

      Delete

Like us on Facebook

Instagram

Follow Us