NGOPI CANTIK 3 : BEAUTIESQUAD 101

4:58 AM



Hallo my beauty reader...
Masih ingat sama Ngopi Cantik?

Yassshhhh NGOPI CANTIK bareng BEAUTIESQUAD, nahhh ini udah ngopcan ke 3, dan bahasannya kali ini spesial banget.

"BEAUTIESQUAD"


Disini pasti banyak banget pertanyaan - pertanyaan terpendam yang kalian sebenernya pengen tau tapi kalian pendam. Awas lhohh ditikung....
Sama kayak lu suka sama cowo terus lu cuman liatin dari jauh, ehhh dia jalan sama yang laen...
sakiittttt.... *mulai ga fokus :D

eiitttssss fokuuusss fokuussss

Kenapa bahas BEAUTIESQUAD?

Karena ini adalah bulan lahirnya Beautiesquad, jadi ngopcan edisi spesial Beautiesquad ini mengupas tuntas tentang Beautiesquad dari luar sampe dalem - dalem...

Udah siap buat mengupas tuntas BEAUTIESQUAD?

Yukkkk langsung di mulai ajah daripada kelamaan ngemeng kan gw...

Apa sih BEAUTIESQUAD?

Beautiesquad adalah sebuah komunitas beauty blogger yang semua membernya adalah beauty blogger, komunitas yang bukan cuma untuk satu atau dua daerah tetapi komunitas yang memiliki member dari berbagai daerah di indonesia. Komunitas yang bertujuan untuk menyatukan para beauty blogger dari berbagai daerah di indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama - sama.

Kapan Beautiesquad dibentuk?

BS didirikan pada November tahun lalu.

Ceritain Sejarah Beautiesquad donk

Jadi pada bulan November tahun lalu founder utama BS beserta 2 founder lainnya ingin membuat sebuah grup chat untuk blogger. Waktu itu sempat di post di grup IBB, awalnya didirikan dengan nama 'Beauties' namun berganti nama menjadi 'Beautiesquad'.

Dan sebagai penetapan adanya komunitas Beautiesquad, tanggal 23 Novermber 2016 merupakan kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smokey Eyes. Dan dihari itu juga, ditetapkan sebagai hari komunitas didirikan.

Dan pada awal terbentuknya BS semua orang diterima lhoh, bukan cuma yang punya blog aja. Yang ga punya blog dan cuma mau chat karena mau mencari teman sehoobi diterima. Tapi pada awal 2017, mulai dibentuk lah kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog sesuai dengan Visi dan Misi awal BS.

Dan seiring berjalannya waktu sampai lah pada kerja sama pertama kali dengan Brand yaitu Brand Inez dan menggemparkan dunia blogger saat itu. Dan mulai banyak yang bergabung dengan BS, dan akhirnya para pengurus mulai memutuskan untuk membentuk grup FB sebagai wadah para beauty blogger lainnya agar bisa sama - sama berkembang.

Selama itu pula, BS mulai gencar bekerjasama dengan brand – brand lain. Nggak cuma memberikan kesempatan kepada member inti Whatsapp, tapi juga beberapa kali memberikan kesempatan kepada member Facebook untuk mendapatkan sponsor. 

Dan Kepengurusan BS juga melakukan reshuffle di pertengahan tahun sampai saat ini. BS membuat beberapa program seperti Ngopi Cantik, Collab secara kontinyu, dan mengarahkan member Facebook agar sesuai dengan standar blogger dan BS sendiri sehingga bisa masuk sebagai member WA inti nantinya.


Emangnya VISI dan MISI Beautiesquad apa sih?

Visi :

  1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
  2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer


Misi :
  1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
  2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
  3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
  4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

Penasaran deh Siapa aja sih Pengurus Beautiesquad?

Eitsss sekarang Pengurus bs udah berganti nama gengs jadi Beautiesquad Officer , Karena tujuan penamaan adalah melaksanakan bukan mengurus jadi di ganti deh namanya.
Nahh sekarang waktunya mengumumkan hasil resuffle Beautiesquad Officer terbaru.


Dimulai dari Founder


Foundernya ada Virly KA, Annisa Pertiwi dan Liana Eka.
Main Foundernya adalah kak Virly KA tugasnya adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BS. Selain mengambil keputusan mereka juga memantau officers melakukan tugasnya sesuai ketentuan atau tidak.

Dan untuk membatu Founder dalam mengemban tugas, BS memiliki Chief Officer baru yang jabatannya disandang oleh kak Vina


Chief Officer bertugas melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Juga turut membantu founder dalam memantau progress kerja officers. Selain itu juga turut memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger.







Officer ada 3 divisi

Community Relations (CR)

Lia Melqha (Lia), sebagai supervisor.

Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis

dan ada team CR

Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma)
Mereka bertugas selain menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dan brand. Melakukan proker bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan proker lainnya yang akan berjalan nantinya. Dan PR lah yang membantu chief dan founder memutuskan member Facebook group yang sudah lolos kriteria member BS inti Whatsapp. 


Social Media Squad (SM)

Rani Lukman sebagai supervisor.

dan ada team SM

Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri)

Mereka bertugas memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Kesannya gampang sih, tapi menjadi SM Squad itu ternyata susah loh. Mereka harus mikirin feed, caption, dan memantau insight.

Photo Editor Squad (PE)

Raydita (Ray) sebagai supervisor

dan ada team PE

Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie)

Mereka bertugas adalah membuat design dari design collab sampai design feed. Tugas mereka juga sama beratnya dengan divisi lain, terutama saat collab.

Kenapa harus punya SEO Analysis?

Karena Beautiesquad adalah group blogger, untuk menjadi blogger yang baik, BS memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO,baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya.

Karena Proker kedepannya merupakan pengembangan dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Nggak semua blogger memahami tampilan blog yang baik atau cara menulis yang SEO friendly. Jadi, untuk kedepannya BS berencana untuk membantu para member keluar dari kebingungan dan menjadi blogger yang lebih baik.


Nahhh kannn gimana makin penasaran?
Ada pertanyaan yang belum terjawab?

Kenapa ada 2 Group?

Pertanyaan ini sudah ditanyakan dan dijawab kak vina pada saat ngopcan, jawabannya adalah 

"Group inti di Whatsapp merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BS hits seperti saat ini. Semenjak kami menjadi closed group, baru 2 orang dari Facebook group yang lolos masuk group inti. Mereka sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template mereka nyaman dilihat, dan disiplin waktu. 3 hal itu merupakan hal utama di BS. Officers sudah mengetahui kinerja para blogger group inti sehingga saat brand meminta nama – nama blogger, kami dengan berani memberanikan jaminan bahwa blogger kami menyanggupi keinginan sponsor.

Nah apabila kami memasukkan anak baru tanpa melakukan seleksi, tentu officers yang kelabakan. Karena kami belum tau bagaimana kinerja si blogger baru. Apa sudah mengerti SEO, bagaimana cara menulis, bagaimana template nya, dan paling utama attitude nya? Nah itulah fungsinya Facebook group sebagai wadah berkembang bersama baik yang dari group inti dan bukan.

Dari ratusan anak Facebook group gimana caranya menyaring? Salah satu kriteria anak group inti adalah aktif dan itulah yang kami terapkan juga di Facebook group. Kami mendeteksi para blogger aktif melalui collab yang selalu diselenggarakan setiap bulannya.

Aku akui banyak anak Facebook group yang tulisannya bagus, lebih memiliki potensi, dan lebih terkenal. Tapi kalau gak mau memberikan kontribusi untuk BS kan sama aja bohong ya. Kita disini kan komunitas, gak cuma menerima, tapi juga harus memberikan kontribusi ke komunitas juga. Makanya kami hanya memberikan penawaran kepada yang aktif, bukan yang hits."


Masih ada pertanyaan kan???

Syarat nya apa sih?


Pertama, punya blog Bukan sembarang blog. Blog nya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. Kalau kalian mau belajar lebih jauh masalah SEO, kalian bisa googling kok. Masalah ambil foto juga dinilai, apakah penataannya berantakan atau tertata.


 Kedua, Top Level Domain Ini peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. Apa itu TLD, qaqaq pina? Yang belakangnya gak ada embel – embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com (?). Hanya .com, .net, .id, atau yang lainnya. Kenapa itu penting? Dalam dunia blogging ada istilah DA PA , kalian bisa google masalah itu, dan kalau kalian sudah TLD, DA PA yang muncul adalah  milik blog kalian sendiri. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog kalian sendiri. Tingginya DA PA itu berpengaruh pada ketenaran blog kalian yang berimbas ke pendapatan kalian.


Ketiga, minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan di blog Lah


Keempat, Disiplin dan memiliki attitude Ini penting disini. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor lah contohnya. Berkabar kalau ada hal yang gak terduga terjadi pas collab atau sponsor, paling gak 1x24 jam. Kecuali ada masalah mendadak, misalkan kecelakaan (mudah – mudahan gak ya). Kalau masalah attitude, paling gak kalau kalian ada salah, harus berani minta maaf. Kalau bertanya, harus sopan, bukan nyolot. Gak melakukan plagiarisme.

Kelima, memiliki fanpage dan twitter selain Instagram Untuk Instagram, BS menentukan standar yaitu 500 follower. Twitter paling gak 100 follower. Kenapa harus punya 3 sosmed itu? Ya balik lagi alasan syarat nomor 2. Selain itu 3 medsos tersebut bisa menjadi ladang trafik untuk kalian kalau kalian gunakan secara wise.


Keenam, Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing. Intinya aktif berkontribusi.



Ketujuh, Rajin Ikut Collab Kaya yang aku bilang, gimana officers notice kalau gak ikut makeup kolaborasi. Kan dari sana cara kalian blogging, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya di notice.

Kedelapan, Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder Kalau menurutmu kamu sudah mengikuti semua hal diatas, tapi kenapa gak dipilih? Bisa jadi ada satu spec yang kamu lewati. Mungkin kamu kurang ber attitude, atau kamu suka telat, atau kamu nulisnya masih 4LaY, atau followernya beli. Everything is possible.


apa member diluar inti WA juga bisa dapet project? 
Dan kalo salah satu dari ketiga sosmed enggak begitu aktif apa mempengaruhi kriteria/penilaian?

Member selain WA bisa dapat project, namun akan dilihat dari keaktifan collab
: Ketiga sosmed salah 1 gak aktif pasti twitter, ya sebisa mungkin diaktifkan lah.



Nahhh gimana gimana???
udah terpuaskan rasa penasarannya??

kalo gw ditanya benefitnya apa lu masuk komunitas?

Buat gw, jujur masuk komunitas bukan untuk mencari produk gratisan. Awal gw masuk komunitas ini mencari teman yang sehobby, karena gw anaknya udah suka makeup dari dulu banget sebenernya dari tahun 2012an lahh dan udah mulai makeupin orang dari 2014 tapi gw baru mulai ngeblog dan gabung di BS akhir 2016 karena merasa keknya udah waktunya gw Show Off deh...

kenapa mulai show off? itu ada masalah pribadi  yang next lah gw bakalan cerita setelah mengumpulkan keyakinan diri untuk buka - bukaan soal gw bhahahahaha


btw untuk merayakan Beautiesquad First Anniversary BS ngadain giveaway nih bareng Nihonmart dengan menulis blogspot tentang Beautiesquad 101 dan hadiahnya mistery box.




ok dehh cukup untuk hari ini, mood gw mulai memburuk


Buat kalian yang pengen kepoin Beautiesquad boleh lhoh.



thank you udah baca yaa...
semoga bisa memuaskan pertanyaan - pertanyaan yang muncul.

Kiss Kiss Kiss 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Instagram

Follow Us