[ LIFESTYLE ] : KENAPA MENULIS BLOG?

2:43 AM



Hai beauties, kalau kemarin - kemarin selalu menulis tentang beauty izinkan gw kali ini menulis tentang "ALASAN MENULIS" yang mungkin bisa juga menginspirasi teman - teman.
Pertama kali nge-Blog dulu sekitar tahun 2009, dulu ngeblog tuh buat bikin catatan coding. Jadi gw sekolah di SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) , dimana tugasnya itu bikin sebuah aplikasi. Suatu ketika datanglah masa - masa ujian dimana gw ga yakin bahwa gw bakalan mengingat semua code di aplikasi - aplikasi yang pernah gw buat. Akhirnya gw buat blog yang isinya adalah semua code aplikasi - aplikasi yang pernah gw buat.


https://cdn.pixabay.com/photo/2016/02/17/15/37/laptop-1205256__340.jpg

Dan dengan adanya blog tersebut, temen - temen juga bisa saling contek mencontek tanpa ketahuan. karena nggak berisik tanya - tanyaan, tinggal buka blog gw aja. Semua aplikasi yang kita pernah buat udah ada di sana.

Nggak cuma blogger, gw juga udah pernah menulis di Tumblr, dulu sempet eksis banget nih tumblr dikalangan para penulis - penulis tapi seiring berjalannya waktu tenggelam. Di tumblr gw menulis tentang kegalauan - kegalauan masa remaja, yang ditulis menjadi semacam quotes ataupun sajak. Sumpah kalau baca - baca lagi berasa alay nya.



Alasan pertama menulis di Tumblr karena butuh teman curhat tapi takut banget bocor, nah ketika kita menuangkan ke dalam tulisan biasanya curhatan kita akan kita baca - baca lagi mana yang pas dan mana yang tidak. Secara tidak langsung, kita benar - benar memfilter informasi dan menjaga kata - kata agar tidak berlebihan dan melenceng jauh dari batas curhatan kita.

Alasan kedua, percaya atau tidak respon dari orang - orang yang tidak kita kenal dan membaca cerita kita jauh lebih netral dan jujur daripada kita bercerita ke teman yang sudah kenal dengan kita.

Setelah nyaman menulis di Tumblr, ada perasaan ingin berbagi ilmu bukan lagi berbagi cerita - cerita pribadi. Akhirnya mulai lah bikin Blog di blogger, pas banget gw suka makeup dan memang dulu gw juga freelance sebagai MUA untuk prewedding dan photoshoot. Ada keinginan untuk berbagi, tapi itu memang ngga langsung mantap menulis beb. Ada kegalauan dan kemalasanan yang melanda, serta waktu yang tidak mendukung.

Tapi!!!

Karena keyakinan yang kuat akhirnya gw memantapkan diri untuk terjun menulis perBeauty-an di blog, diawali dengan mengikuti collaboration makeup dengan komunitas.

Selama menjalani kehidupan sebagai beauty blogger, akhirnya gw menemukan alasan ketiga gw. Kenapa gw memilih menulis blog "Karena percuma jika kita punya banyak ilmu dan pengalaman, jika kita tidak bisa mengamalkannya" . Jadi semakin gw mantapkan menulis blog, dengan tema beauty ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman seputar makeup, memberikan review sejujur - jujurnya dan sesuai hasil yang gw dapatkan selama menggunakan suatu produk atau jasa. Sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk teman - teman pembaca yang ingin mencoba suatu produk atau jasa perBeauty-an.


Segitu dulu deh sharing gw tentang "Alasan Menulis Blog", btw gw menulis ini karena gw lagi ikutan challenge dari Blogger Perempuan untuk menulis blog selama 30 hari kedepan dengan 30 tema yang berbeda setiap harinya lhoh. Doakan saya kuat yaaa!!!


You Might Also Like

16 comments

  1. Setuju banget sama pendapat kamu, beb. Menulis bisa jadi semacam terapi buat aku. Bisa melegakan pikiran dan perasaan.
    *ecieeeeeee*
    😂😂😂

    ReplyDelete
  2. Wih cukup lama juga ya beb masuk dunia blog, awal aku nulis juga masih yg curhatan semua isinya dan akhirnya ganti blog dan berusaha buat bikin konten yg bisa bermanfaat buat sendiri dan orang lain hihi

    ReplyDelete
  3. gw dulu awalnya main blog malah buat nulis cerpen, yang kalau gw baca skrng malah jyjyque wkwk sampe akhirnya pas kuliah liat sasyachi trs i adore her so much. jadilah gw pengen ngikutin dia, dia pake wig, gw beli dong. Tapi gak lama gw sadar, gw sama dia berbeda, mau jungkir balik jga gw ga akan bisa jd dia. akhirnya gw menjalani perbloggeran ini dgn cara gw tanpa liat2 dia lg wkwk

    ReplyDelete
  4. Sama ky aku, awal ngeblog buat tugas kuliah. Lama² isinya curhat, geli sendiri akhirnya di delete. Dan akhirnya kembali kejalan yg benar 😂

    ReplyDelete
  5. Aku tuh hampir sama kayak kamu, ngeblog itu kayak curahan hati kita nih, soalnya kalau keorang pasti bisa bocor gitu

    ReplyDelete
  6. Karena memiliki ilmu tanggung jawabnya besar dan berat. Jika tidak diamalkan secara baik, dan benar maka kita ga menjalankan filosofi dari ilmu.
    Ditunggu next reviewnya ya ka

    ReplyDelete
  7. Wah hebat Mba, saya setuju sama pendapatnya, Memberikan informasi ke orang-orang itu menyenangkan banget, apalagi bisa berbagi ilmu, semangat menulis 30 hari nya 😃👍🏻

    ReplyDelete
  8. Aku dulu dapet banyak ilmu ditempat aku kerja lalu aku bagikan ke twitter lanjut ngeblog sampe skrg,sebaik baiknya ilmu adalah ilmu yg dibagikan

    ReplyDelete
  9. wwihhh mantul sih, blog nya dipake buat contek menyontekk haha
    ide bagus kak, gue jadi terinspirasi nihhh

    ReplyDelete
  10. Motivasi untuk berbagi tuh keren banget dan dari situ akan mulai banyak lagi manfaat dari blog, happy blogging ya

    ReplyDelete
  11. Semangat Kakak..menuju 30 Days Challenge. Menulis kadang bisa membuat relax sejenak pikiran kita karena ide di kepala sudah di keluarkan kan ya. Yang sulit itu ketika lagi semangat untuk nulis tapi stuck ide ahaha

    ReplyDelete
  12. Bener banget tuh kak. Aku juga lagi memulai hobby baru ku berbagi tips dan pengetahuan itu baik ^^

    ReplyDelete
  13. Aku punya tumblr tetapi ga pernah menulis disana dan bahkan ga ngerti guna tumblr waktu itu wkwkwk tapi akhirnya jadi penulis blog saat ketidaksengajaan terbuat sendiri blognya sih. Awal menulis tentang sharing masalah kulit dan bener karena mau cirhat juga. Hihi

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya bisa berbagi melalui tulisan dan tulisan tulisan yang ditulis di blog ini tentunya juga bermanfaat bagi orang lain

    ReplyDelete
  15. Wah ngalamin masa tumblr jg ya. Aku senengnya sih share foto aja disana. Yes blog is for sharing

    ReplyDelete
  16. Aku juga curhat awalnya di blog, tapi lama2 aku mikir kalo curhat doang ga ada manfaatnya, jadi aku tulis hal2 yg informatif di blog aku supaya bisa berguna untuk pembaca :)

    ReplyDelete