[BPCHALLENGE] : BIJAK MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

8:33 AM



Sudah hari ke 5 BP challenge nih, hari ini temanya adalah "Tentang Media Sosial". Tema yang pembahasannya bakalan penuh pro dan kontra, bahkan bisa nggak kelar - kelar ngebahas tentang media sosial.

Sadar atau tidak, saat ini media sosial sudah menjadi aktivitas utama kita sehari - hari. Dan sadar atau tidak dengan adanya media sosial sama dengan TIDAK adanya PRIVACY dalam hidup kita. 

Lhohh, kok rifa bisa bilang begitu?! Memangnya rifa sendiri tidak menggunakan media social?

Eitttsss, stop beb jangan emosi dulu.
Jadi coba gw mau coba kasih beberapa contoh kasus yang sudah terjadi dari dulu dan semakin menjamur sampai saat ini.

1. Setiap menit update

Ini gw paling sering nemu sih di FB, share setiap menit. Laporan lagi di jalan, semenit kemudian laporan lagi makan, semenit kemudian laporan baru sampe rumah, semenit kemudian laporan mau mandi abis mandi laporan lagi, mau pake baju laporan lagi. Serius deh yang begini harus sering - sering di kurangi beb, karena orang lain akan risih liat beranda dia isinya status kamu semua.

2. Berantem di media sosial

Serius deh, kalo yang ini masih heran kenapa semakin kesini semakin banyak yang melakukan ini. Kenapa nggak diselesaikan dengan bertemu aja, biasanya yang berani di sosmed gini pas di ketemuin pada diem nih beb.

3. Menghujat dan Berkomentar Negatif

Kalo ini di semua media sosial tuh pasti ada. Biasanya mulai dengan body shamming seperti ini Ehh kok gendutan, Lu jelek aja sok bikin konten, ih kurus banget kayak lidi. 

4. Menyebar Hoax

Kalo yang satu ini, kemungkinan kalian tidak merasa pernah melakukannya. Tapi percayalah pasti secara tidak sengaja kita sering share postingan yang orang lain yang kita anggap menarik, yang sebenarnya postingan tersebut tidak benar adanya.

5. Antisosial

Teman dunia nyata seiring berjalannya waktu berkurang, karena kita sudah merasa cukup dengan media sosial yang 24 jam ada di tangan kita. Relasi tak sepenting dulu, teman tak sedekat dulu.
Seringnya bertemu untuk sibuk bermain sosial media, bersama tapi tak terasa.

Nahh setelah mengamati contoh - contoh diatas, sebenarnya bagaimana sih caranya agar kita tidak terjangkit virus - virus yang membuat kita melakukan hal - hal tadi. Gw mau mengajak kalian untuk bijak menggunakan media sosial dengan cara seperti berikut :


  • Jangan memulai komentar negatif
Jika kamu bingung mau komentar apa untuk postingan teman lama kita cukup like saja. Jika kamu tetap ingin berkomentar tentang fisik seseorang, posisikan kamu sebagai seseorang itu dan tanyakan pada dirimu. Apakah kamu tidak akan sakit hati jika membaca komentarmu itu ditujukan untuk dirimu sendiri? 
  • Hindari mengumbar informasi pribadi
Informasi pribadi itu apa aja sih? Alamat, Nomer telepon, atau data pibadi lainnya. Kalau saat ini termasuk lokasi kamu detik ini, karena sebenarnya ini berbahaya. Jika ada orang yang sedang mengincarmu untuk berbuat jahat kepadamu, dia akan dengan sangat mudah menemukanmu.
  • Filter pertemanan pada jejaring sosial
Kalau ini sih susah susah gampang, karena sekarang orang lebih banyak fokus sama followers jadi merasa hal ini akan sulit dilakukan. Kalau di IG ada close friend, gw biasanya pilih teman - teman terdekat yang gw punya untuk berada dalam circle close friend.
  • Check and Re-Check informasi yang kita terima dari media sosial
Jangan mudah re-share postinga orang lain yang berisi informasi, check lagi apakan postingan tersebut hoax atau bukan
  • Menggunakan bahasa yang baik di medsos
Ini sih lebih bertujuan untuk memilih kata yang kita gunakan untuk menghindari orang mensalah artikan tulisan kita.

  • Bersosialisasi
Sering - seringlah hangout dengan teman - teman, mengunjungi sanak saudara, mengobrol tanpa ponsel di tangan. :)




Oke deh sekian dulu pembahasan gw tentang media sosial, dimanapun kalian berada kita sudah waktunya berbenah diri dalam hal menggunakan fasilitas pertemanan yang bernama media sosial. Kita bukan dituntut untuk menjadi eksis dengan media sosial beb, tetapi kita dituntut untuk bijak dalam menggunakannya. Semoga kita semakin bijak menggunakan media sosial ya beb.

Thank you







You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Instagram

Follow Us