NGOPI CANTIK 5 : HOW TO WRITE A BEAUTY ARTICLE

6:51 AM


Photo by Dustin Lee on Unsplash



Hi my beauty reader...

 Satu minggu ini aku lagi liburan di Depok nih. Liburan dirumah mama memperbaiki gizi, biar ngga makan In*omine terus tiap akhir bulan. 



Cuaca di Depok juga lagi cerah terus nih, bikin semangat buat bikin postingan - postingan baru. Kalo cuaca didaerah kamu gimana? Atau cuaca hati gimana? udah move on? atau masih kelabu menanti kepastian? 



Baik, sebelum aku lupa mau bahas apa mendinga kita stop dulu kebaperan di awal postingan hahahaha.  Dan lagi - lagi kali ini aku nggak kasih kamu review produk, masih tetap tentang beauty tapi kali ini aku mau bahas tentang "HOW TO WRITE A BEAUTY ARTICLE".

Jadi minggu lalu tepatnya hari Sabtu, 17 Februari 2018 seperti biasa Beautiesquad mengadakan online class yang bernama Ngopi Cantik, kebetulan Ngopi Cantik ke-5 kali ini tema nya adalah How to write a beauty article dan untuk Ngopi Cantik kali ini Beautiesqad berkolaborasi dengan Head Editor dari Beauty Journal's yaitu kak Grisselda Nihardja. Ngopi Cantik ini berlangsung selama 2 jam dari jam 6pm sampai 8pm secara online.





Apa aja yang dibahas di Online Class tersebut?

Banyak banget yang di bahas di Ngopi Cantik kali ini, mulai dari Mencari Ide, Macam - macam Beauty Article, dan juga Struktur Artikel.


Pasti udah muncul nih pertanyaan - pertanyaan yang haus akan jawaban, layaknya hubungan yang haus akan kepastian. hahaha

Pertama aku mau bahas dari Mencari Ide, pasti dari sekian banyak penulis juga merasakan hal yang sering aku rasakan. Mentok di ide, seakan - akan udah nggak punya inspirasi mau menulis apa. Nahh itu sering banget aku alami. Dan di Online Class kemarin kebetulan banget dibahas nih.

Gimana cara mendapatkan ide untuk menulis Beauty Article?

Mencari ide itu kadang nggak sesusah mencari jodoh, tapi ada kalanya juga sama susahnya kayak cari pasangan. Menurut kak Griss, untuk mencari ide itu nggak cuma dari satu sumber tapi berbagai sumber.

Untuk menentukan ide pertama yang harus kamu lakukan adalah cari dulu apa yang jadi Trending Topic, Karena sekarang ini semua orang menggunakan social media jadi bisa dimulai dari dari cari dulu apa yang trend di social media seperti instagram, youtube, atau bisa juga twitter. 

Selain dari social media tentunya kamu juga bisa mencari ide dari lingkungan sekitar kamu, dari orang - orang yang berada di sekitar kamu. 

Setelah kamu dapetin ide untuk menulis sebuah Beauty Article, selanjutnya tentukan tipe artikel yang akan kamu buat. Beauty Article ini punya beberapa tipe juga lhoh, diantaranya yaitu :

  • Produk Rekomendasi
Untuk produk rekomendasi ini yang perlu dijelaskan di tulisan kamu adalah apa yang bagus dari produk - produk yang kamu rekomendasikan tersebut. Pastikan kamu memberikan alasan kamu tentunya, kenapa produk - produk tersebut kamu rekomendasikan.
  • Review
Untuk Review ada beberapa poin yang harus dibahas di artikel yang kamu buat seperti Kemasan, Klaim, Ingredients, Cara Pakai, Pendapat, Harga Produk dan Dimana kamu bisa beli.
  • Tips
Untuk Tips ada poin paling penting sih di tipe artikel ini, usahakan membuat tips yang practical dan bisa membantu pembaca. Sebisa mungkin mudah dan tidak merepotkan untuk dilakukan atau dibuat.
  • Tutorial
Untuk tipe ini wajib ada image yang menggambarkan step atau penjelasan tutorial yang kamu buat, karena susah juga kan kasih tutorial tapi cuma baca. Kenapa wajib? Karena nggak semua orang punya imajinasi yang sama kayak kita, punya pemahaman yang sama kayak kita.
  • Interview
Untuk Interview ini menurutku lebih ke event report, nah siapa tahu nih diantara kalian ada yang datang ke event - event launching produk tertentu, Nah kalian bisa sekalian interview brand manager atau orang - orang dibalik event tersebut untuk membuat artikel Event Report tersebut.
Untuk interview ini usahakan tidak memberikan pertanyaan - pertanyaan umum, sebelum memulai interview tentukan tema besarnya, setelah menentukan tema besarannya lalu tentukan angle yang menjadi fokus atau sudut pandang artikel kamu nantinya dan selanjutnya kembangkan pertanyaan - pertanyaan untuk tema tersebut.


Setelah menentukan tipe artikel kamu selanjutnya adalah membuat Kerangka Artikel. Untuk menentukan Kerangka Artikel ini meliputi 3 aspek, yaitu :
  1. Intro : Be Creative, bisa menyoroti fear / desire atau bisa juga menyoroti masalah.
  2. Isi Artikel : Didalamnya berisi poin poin penjabaran, Usahakan sistematin pada bagian ini
  3. Closure : Berikan kesimpulan, pertanyaan ke pembaca untuk engagement atau mengundang pembaca untuk memberikan komentar.

Sedikit tips dari aku buat kamu yang baru mau memulai menulis review, jangan malu memulai mengulas produk - produk drugstore. Jangan berpatok pada produk high-end, tapi buat ciri khas kamu sendiri dengan memulai dengan produk drugstore. Karena pembaca nggak melulu mencari produk high-end, tetapi lebih ke produk berkualitas dengan harga yang affordable. Jika memang kamu kesulitan untuk belanja - belanja produk, bisa join komunitas atau datang ke event - event biasanya setelah event mereka membagikan goodybag yang didalamnya terdapat beberapa produk, nahh itu juga bisa jadi bahan review.


wuaaahhhh bahasan kali ini bikin semangat banget yaahh, intinya buat kamu yang baru memulai di dunia Blogger perBeauty-an, Welcome to the jungle... Yuk belajar bareng, tetap semangat untuk membuat konten - konten yang semakin menarik. Buat kamu yang punya banyak pertanyaan yang belum terjawab, atau mau menambahkan bisa tinggalkan komentarnya untuk pertanyaan nanti bisa ku jawab atau untuk tambahan bisa ku tambahkan ke tulisan ini.


Thank you sudah mampir guys



You Might Also Like

3 comments

  1. Setujuu.. produk yg dibhs itu bs varied.. gk kudu high end jg.. me too was starting my blog dengan review produk barang yg emank ada di rmh.. pelan2 dpt sponsor br ngulas barang2 terkini dari sponsor :)

    Fighting! Tetep semangat ya :)

    xoxo
    blossomshine

    ReplyDelete
  2. Aku setiap mau bahas review atau tutorial mesti cari di google dulu dan nonton di youtube supaya nggak kehabisan ide

    ReplyDelete
  3. Setuju bgt! Review ga harus melulu produk high end... to be honest, aku lebih suka baca review produk dupe atau produk alternatif yang harganya lebih murah :D

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Instagram

Follow Us