HYPERANDROGEN PENYEBAB MUNCULNYA JERAWAT PADA WANITA ?

4:39 AM

Photo by Scott Webb on Unsplash




Pernah nggak sih kalian mengalami stress sama kondisi muka jerawatan dan berusaha buat coba berbagai macam skin care tapi tetep aja itu jerawat nggak mau pergi dan jerawat masih betah bercengkrama dengan kulit di wajah kita. Atau bahkan ada yang punya jerawat di punggung? Sebel kan? Pasti lah, pasti bingung harus pakai apa lagi?, harus gimana lagi? Apakah nggak cocok sama skin care nya?.

Bingung, bete, sebel, hopeless, tapi mungkin bukan karena kamu nggak cocok sama skin care yang kamu coba lhoh. Mungkin ada "sesuatu" yang jadi penyebab munculnya jerawat di kulit kamu.

Nah di postingan ini aku mau kasih tau kalian "sesuatu" yang jadi penyebab munculnya jerawat di kulit kamu. Keep Reading yaa guys. 





Jadi beberapa hari yang lalu aku dan 2 temanku dapet invitation dari Beautynesia untuk menghadiri event yang diselenggarakan oleh Gue Sehat dan Bayer Indonesia. Event ini temanya adalah "Discover New Confidence"

Apa aja sih acaranya?



Jadi pertama ada Beauty Talk dengan Dr. Haekal Anshari, M. Biomed dengan tema  "Waspadai Hyperandrogen! Penyebab Jerawat Membandel pada Wanita". Nah, pada sesi Beauty Talk ini membahas tentang Hyperandrogen.

Apa sih Hyperandrogen?


Jadi Androgen adalah hormon seks yang dimiliki oleh pria. Nah Hyperandrogen berarti kadar hormon seks pria yang berlebih pada tubuh wanita. Hyperandrogen ini ada 2 jenis, Hyperandrogen Klinis dan Hyperandrogen Biokimia. Untuk Hyperandrogen Klinis ini memproduksi hormon androgen yang berlebih namun lebih responsif. Sedangkan Hyperandrogen Biokimia ini memang memproduksi hormon berlebih.

Apakah Jerawat pada wajah wanita karena Hyperandrogen?

Sebenarnya gejala klinis Hyperandrogen nggak cuma muncul jerawat lhoh girls, tetapi ada penyebab lainnya juga.




Seboroik atau kulit berminyak, untuk gejala ini biasanya kulit mengalami peradangan yang ditandai dengan kemerahan pada kulit dan bersisik, dan gejala ini biasanya muncul pada kulit yang pada area yang menghasilkan minyak seperti wajah, leher, kepala bahkan ketiak.

ACNE atau Jerawat, untuk gejala ini nggak cuma muncul di wajah lhoh, bisa di tempat lain seperti punggung, dada, leher dan masih banyak lainnya.

Hirsutism, untuk gejala ini adalah pertumbuhan bulu pada area yang tidak biasa pada tubuh wanita, seperti kumis, jenggot, atau bulu pada tangan dan kaki lebat.

Dan yang terakhir adalah Alopecia atau kebotakan, Androgen sebenarnya berfungsi untuk membantu pertumbuhan rambut pada wanita, tetapi untuk gejala ini juga wanita yang mengalami Hyperandrogen ini akan mengalami rambut rontok hingga kebotakan.

Nah kalau kalian mengalami gejala - gejala seperti yang aku sebutkan tadi, ada baiknya kamu segera ke dokter kecantikan, agar segera diberikan penanganan yang tepat.

Dan guys, tahu kah kalian dampak nya nggak cuma ke fisik tapi psikis juga lhoh!


Dampak psikis yang dimaksud diantaranya adalah, tidak percaya diri sehingga tidak mau bersosialisasi dengan orang lain, karena tidak percaya diri tersebut bisa menyebabkan mood yang buruk, mudah cemas, depresi hingga keinginan untuk bunuh diri juga lhoh!


Gimana cara mengatasinya?


Yang paling utama adalah konsultasi ke dokter ketika kalian merasakan gejala-gejala tersebut. Nanti akan dilakukan metode terapi dan pada metode terapi tersebut menggunakan produk anti - hyperandrogen yang diproduksi oleh Bayer yaitu Cyproterone Acetate/Ethynil Estradiol.
Untuk informasi lengkapnya kamu bisa menghubungi dr. Haekal Anshari, M. Biomed (Jakarta Life Science & Aesthetic Clinic).


Setelah Beauty Talk berakhir, selanjutnya adalah Beauty class dengan Firman Ziandio makeup (@ziandiovamakeup). Pada Beauty Class kali ini membahan tutorial cara membuat makeup no makeup. Nah untuk kalian yang pengen dandan tapi ga pengen keliatan berlebihan, makeup no makeup ini cocok buat kalian hasil makeupnya itu flawless di wajah gitu.


Dan berakhir lahh ceritaku tentang event kemarin semoga bahasanku tentang jerawat juga membantu kalian yaa guys.



By The Way, kalau kalian masih belum terpuaskan dengan postinganku kali ini aku punya kabar baik nih, ada media tentang kesehatan, lifestyle dan medis. Pernah denger Guesehat.com? kalo sebelumnya hanya by website aja saat ini Guesehat.com ini udah ada aplikasi yang bisa kamu install di smartphone kamu sehingga lebih simple kan? Kalian bisa download di Playstore atau App Store.


Thank you sudah mampir dan baca postingan kali ini guys.



#BeautynesiaMemberBlogger #DiscoverNewConfidence




You Might Also Like

3 comments

  1. Hyperandrogen ini juga punya efek ke kesuburan setahu saya, jadi kalau terlalu tinggi akan kesulitan untuk hamil CMMIW

    ReplyDelete
  2. Wah shareing ny bermanfaat banget dan penjelasannya lengkap
    #kbbvmember

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Instagram

Follow Us